Kamis, 19 April 2012

0 Setting DNS Menggunakan Free DNS Manager dari freedns.afraid.org

Chyberart - Tutorial Blogger ,-Tutorial kali ini akan menjelaskan penggunaan gratis dns manager yang disediakan oleh freedns.afraid.org.

Nah sebelum kita bahas lebih lanjut tetang cara Setting DNS Menggunakan Free DNS Manager dari freedns.afraid.org kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksut dengan DNS. hal ini saya anggap penting kemungkinan sebagian dari pemula belum mengetahui apa yang dimaksut dengan DNS.

(DNS) Domain Name System  adalah suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address. Dalam pemberian nama, DNS menggunakan arsitektur hierarki.

  1. Root-level domain
  2. merupakan tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.).
  3. Top level domain
  4. kode kategori organisasi atau negara misalnya:.com untuk dipakai oleh perusahaan. Selain itu untuk membedakan pemakaian nama oleh suatu negara dengan negara lain digunakan tanda misalnya.id untuk Indonesia atau .au untuk australia.
  5. Second level domain.
  6. Merupakan nama untuk organisasi atau perusahaan, misalnya: micrsoft.com;yahoo.com, dan lain-lain.
Itulah sekilas mengenai DNS. Gimana Bingung....?,masih bingung coba tanyakan dengan bah google. kalau sudah mengerti kita lanjutkan ke tahap berikutnya.

Untuk bisa menggunakan freedns.afraid.org, anda harus mendaftar dahulu di situs tersebut. Cari dan klik link Domains yang terletak di menu sebelah kiri layar. Klik link Add A Domain untuk menambahkan domain yang ingin anda manage DNS nya.

Masukkan domain anda dan klik submit. Anda masih belum bisa menggunakan fasilitas freedns.afraid.org, untuk bisa menggunakannya anda harus mengganti nameserver domain anda.Ganti nameserver domain anda menjadi nameserver yang diminta oleh afraid.org, biasanya nameservernya adalah:
  • NS1.AFRAID.ORG
  • NS2.AFRAID.ORG
  • NS3.AFRAID.ORG
  • NS4.AFRAID.ORG
Efek perubahan nameserver baru terasa setelah 2×24 jam. Setelah itu klik pada link menu Domains yang terdapat di sebelah kiri layar. List domain anda akan mucul. Klik pada link Manage pada domain yang ingin anda manage.
Di halaman dibawah ini, anda bisa menambahkan Record yang dibutuhkan dengan klik pada link Add


Setelah link Add diklik maka akan muncul halaman berikut :

Untuk Type A, destinationnya harus IP ADRESS seperti 202.99.99.99

Untuk pilihan Type CNAME, destinationnya Isikan dengan ghs.google.com

Untuk Type MX, destinationnya harus MX Server email tujuan.

Ingat setiap perubahan tidak akan langsung terasa efeknya, dibutuhkan waktu 2×24 jam untuk efek perubahannya. Dengan tutorial ini anda sudah bisa memanage dns domain anda sendiri melalui

0 komentar:

Poskan Komentar