Kamis, 19 April 2012

0 Tutorial blog Cara memperbaiki atau mengatasi kontak komentar yang bermasalah

Chyberart - Kembali ke tutorial kali ini kita akan membahas bagai mana cara mengatasi kotak komentar blog atau blogger yang bermasalah. yang saya maksut dengan kotak komentar yang bermasalah yaitu kotak komentarnya tidak dapat memasukan Word Verification-nya. Lebih jelasnya lihat gambar berikut :

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini ketika anda ingin memposkan komentar anda ternyata anda tidak bisa memposkan komentar anda karena form untuk memasukan huruf untuk verifikasi.

Pada tutorial sebelumnya Larasmadyo Dot Com juga sudah posting tutorial cara menambahkan 2 kolom dibawah postingan jika anda tertarik untuk mengetahui cara menambahkan 2 kolom dibawah postingan ada bisa klik DISINI.

Langkah-langkah untuk mengatasi kotak komentar yang bermasalah adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Blogspot => klik Rancangan/Design => pilih Edit HTML, kasih centang pada kotak Expand Template Widget dan gunakan tombol Find (Ctrl + F) untuk memudahkan pencarian kode;

  2. Sebelumnya Download Template Lengkap dulu untuk jaga-jaga jika terjadi kegagalan, lalu cari kode tag di bawah ini:

    <iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize' frameborder='0' height='275' id='comment-editor' scrolling='no' src='' width='100%'/>

  3. Perbaiki atribut scrolling pada tag tersebut, karena disinilah akar permasalahannya. Ada dua cara untuk memperbaikinya, silahkan pilih salah satu saja yaitu:
    1. Hapus atribut scrolling='no' pada tag tersebut; atau:
    2. Ganti atribut itu menjadi scrolling='auto', ini bertujuan untuk menampilkan scrollbar di samping form komentar bila form komentar melebihi area yang tersedia.

  4. Setelah dilakukan perubahan, Save Template.
Tampilan form komentar Anda nantinya akan dilengkapi dengan scrollbar seperti pada gambar di bawah ini: 


Anda juga boleh (tapi tidak harus) mengubah value atribut height menjadi 410px. Tujuannya untuk mempertinggi area form komentar sesuai dengan yang ada pada template standar Blogger.
Demikianlah tutorial tentang Cara Memperbaiki Tampilan Form Komentar Yang Bermasalah ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar