Kamis, 19 April 2012

0 Tutorial Blog Cara menampilkan nama Domain Dengan atau tanpa WWW


Chyberart - Hallo sahabat Blogger Jumpa lagi di Tutorial Blog kali ini. Untuk Tutorial kali ini Chyberart akan mengajak anda Belajat cara menampilkan atau pun menyembunyikan inesial WWW di blakang domain sobat.  Sebelumnya kita bahas sedikit tetang WWW yang ada pada Domain Blog anda.
Penggunaan nama subdomain seperti ini sebenarnya tidak disyaratkan oleh aturan maupun standar tertentu, bahkan banyak situs dan blog yang tidak menggunakan awalan ini, atau malah menggunakan awalan lain seperti WWW2 dll. Sebagian besar server web secara otomatis menetapkan kedua domain (misalnya Chyberart.com dan www.Chyberart.com mengarah pada blog yang sama, sebagian lagi perlu kita lakukan secara manual, dan ada juga yang membuat tiap domain mengarah pada dua blog yang berbeda.
Google sendiri secara default menganggap kedua domain ini berbeda kecuali kita memberitahu google bahwa kedua domain tersebut merupakan blog yang sama, dan domain mana yang lebih kita sukai untuk ditampilkan di hasil pencarian google. Hal inilah dapat menyebabkan Page Rank suatu domain blog berbeda. Langkah-langkah mendaftarkan blog ke google khususnya ke google webmaster telah dibahas ditulisan sebelumnya. Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mendaftarkan kedua nama domain tersebut di google dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke akun google webmaster kita
  2. Daftarkan kedua nama domain blog kita (misalnya Chyberart.com dan www.chyberart.com)
  3. Bila salah satu nama domain sudah pernah kita verifikasi, maka verifikasi nama domain kedua lebih mudah. Klik saja Verify dan tidak perlu menambahkan meta maupun halaman baru.
  4. Klik salah satu nama domain untuk masuk ke dashboard domain tersebut
  5. Klik Site Configuration -> Setting
  6. Di bagian preferred domain pilih salah satu:
  • Don’t set a preferred domain – Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mangarah pada 2 blog atau situs yang berbeda
  • Display URLs as www.chyberart.com - Bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan dengan awalan WWW di hasil pencarian.
  • Display URLs as chyberart.com – bila kita menginginkan kedua nama domain tersebut mengarah pada satu blog yang sama dan ditampilkan tanpa awalan WWW di hasil pencarian.

0 komentar:

Posting Komentar